Kembali ke santuy

4 Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat


RingkasidRingkasid

Diet ditemukan untuk mempengaruhi memori seseorang. Buktinya, ada beberapa makanan untuk meningkatkan daya ingat. "Ada diet khusus yang direkomendasikan untuk kesehatan otak yang optimal. Kami punya bukti kuat," kata pakar memori dan kesehatan otak Babak Tousi, mengutip situs Ringkas.id.

Beberapa makanan ini dikatakan dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Pasalnya seiring bertambahnya usia, otak akan mengalami perubahan.

Berbagai jenis diet telah terbukti memberikan manfaat bagi otak. Misalnya, diet mediterania yang selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, juga bermanfaat untuk meminimalkan perubahan pada otak.

"Diet Mediterania juga ditemukan mengurangi perubahan materi putih di otak dan meningkatkan ketebalan materi abu-abu," jelas Tousi.

Diet lain yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan otak adalah diet MND, kombinasi Mediterania dan DASH. Diet ini berfokus pada makanan yang meningkatkan kesehatan otak.

Makanan untuk meningkatkan daya ingat

Baca Selengkapnya, berikut beberapa makanan penambah daya ingat yang bisa Anda konsumsi, mengutip Healthline.

1. Salmon

Salmon dan ikan berminyak lainnya menempati urutan teratas dalam daftar makanan yang baik untuk kesehatan otak.

Kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki ikan salmon sangat dibutuhkan oleh otak untuk membangun sel dan saraf. Asam lemak ini juga berperan penting dalam meningkatkan daya ingat.

Selain salmon, manfaat tersebut juga bisa Anda dapatkan dari ikan tenggiri, tuna, dan sarden.

2. Blueberry

Blueberry dan berry berwarna gelap lainnya menghasilkan anthocyanin, senyawa tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bekerja untuk melawan stres oksidatif yang memicu peradangan, suatu kondisi yang dapat menyebabkan penuaan otak.

Berdasarkan review terhadap 11 penelitian yang ada, disimpulkan bahwa blueberry membantu meningkatkan daya ingat dan proses kognitif tertentu pada anak-anak dan orang lanjut usia (lansia).

3. Kunyit

Curcumin, senyawa aktif dalam kunyit, telah terbukti bisa melewati penghalang antara darah dan otak. Artinya, darah bisa langsung masuk ke otak dan memberikan manfaat pada sel-sel yang ada di sana.

Tidak hanya itu, kurkumin juga ditemukan dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita Alzheimer.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K. Vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak.

Vitamin K berperan penting dalam pembentukan sphingolipid. Nama keluarga adalah jenis lemak yang padat di sel-sel otak.

Tak hanya itu, beberapa penelitian pada lansia juga mengaitkan hubungan antara vitamin K dengan peningkatan kemampuan daya ingat dan kognisi.

Selain vitamin K, brokoli juga mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan.

Share

1-1 of 1

Reply to this discussion

You cannot edit posts or make replies: You should be logged in before you can post.

Post a reply
324 views