Kemuhammadiyahan - Materi Fortasi 2020


PP IPMPP IPM

Assalamu’alaikum wr.wb

Gimana nich kabarnya temen-temen semuanya??? Semoga kita semua senantiasa diberikan nikmat sehat dan kebahagian. Selamat yaa atas kelulusannya dan yang pasti kalian bisa nglanjutin di sekolah yang diinginkan.

Temen-temen semuanya, tau gak apa Muhammadiyah itu?? Setidaknya pernah denger lah ya nama nama sekolah yang ada muhammadiyahnya dan salah satunya ditempat kalian bersekolah sekarang ini. Tapi katanya kalo tak kenal maka tak saying, masa sih kita gak saying sama tempat yang bakal jadi tempat kita mncari ilmu. Nah agar temen-temen semuanya tambah betah sekolah kudu tau donk apa Muhammadiyah itu?? Ok..ok..! di sesi ini kita akan berkenalan dengan Muhammadiyah yuks!!!! Uye.. But before we go there, i will say congratulation and welcome to Muhammadiyah’s school.

About Muhammadiyah???

Secara bahasa Muhammadiyah berasal dari bahasa arab, “Muhammad” (org yg terpuji), dalam hal ini Nabi Muhammad SAW, dan “iyah” (pengikut) jadi jika di rangkai adalah pengikut Nabi Muhammad. “jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku,niscaya Allah mencintaimu & mengampuni dosa-dosamu. Allah maha pengampun lagi maha penyayang.” (Q.S Ali-Imron:31).

Secara istilah, Muhammadiyah adalah persyarikatan atau pergerakan Islam yang didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan pada tgl 8 Dzulhijjah 1330vH. Dipilih nama Muhammadiyah agar gerak Muhammadiyah dapat berittiba’ kepada Rasulullah, 8 Dzulhijjah hari ketika semua umat Islam mulai ibadah haji, 9 Dzulhijjah adalah hari Arofah, ketika jama’ah haji wukuf di padang Arofah dan bertaqarrub kepada Allah,dan 10 Dzulhijjah adalah semua umat islam yang berhaji melakukan penyembelihan hewan kurban... ”Harapan agar semua warga Muhammadiyah memiliki sifat persamaan hak, lebih mendekatkan diri kepada Allah, dan berkorban tanpa pamrih”.

K.H Ahmad Dahlan juga berpesan lhoo pada kita warga Muhammadiyah “HIDUP-HIDUPILAH MUHAMMADIYAH DAN JANGAN KAMU MENCARI HIDUP DI MUHAMMADIYAH”. Selain pesan tersebut ada lagi nih khittah atau pesan K.H Ahmad Dahlan yang lain.

Khittah K.H Ahmad Dahlan

Jangan sekali –kali menduakan muhammadiyah dengan yang lain. Jangan marah dan jangan sakit hati kalau menerima celaan dan kritikan. Jangan sombong dan berbesar hati kalau menerima pujian. Jangan jubriya (ujub,kikir,riya). Hendaklah dengan ikhlas dan hati-hati yang murni kalau sedang berkorban harta benda,berpikir dan tenaga. Harus bersungguh-sungguh hati dan tetap pendirian.

Gerakan Muhammadiyah itu sendiri bersumber pada Al-Qur’an & Al-Hadits yaa temen-temen.

Sebab Berdirinya Muhammadiyah

Beberapa sebab K.H Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah… Simak yukss Pertama, sebab subyektif, timbul dari nurani K.H Ahmad Dahlan, beliau membaca, memahami, dan merealisasikan Q.S Ali-Imron: 104, ntar dibaca, pahami yaa, bagii temen-temen yang masih asing dengan firman Allah itu!!! Kedua, sebab obyektif

  1. Faktor intern, seperti rusaknya aqidah Islam, bekunya pikiran orang Islam dll.
  2. Faktor ekstern, seperti timbulnya pembaharu islam, adanya misi kristenisasi di indonesia.

Tujuan Muhammadiyah

Adek-adek, temen-temen aku semuanya uda pada tau apa itu Muhammadiyah?? Sebab didirikannya?? Lhaa pasti ada tujuan didirikannya,, hehehe ya tooo?? Tujuannya inii nich temen temen...

“Menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam sehingga terwujudnya masyarakat islam yang sebenar-benarnya”.

Muhammadiyah dan Ortom

ORTOM itu organisasi otonom, berasal dari kata auto yaitu sendiri & nomos yaitu peraturan jadiiii ortom adalah badan yang dibentuk, dibimbing, dan diawasi oleh persyarikatan yang diberi hak mengatur rumah tangganya sendiri dalam rangka mencapai maksud dan tujuan persyarikatan.... Ortom-ortom muhammadiyah apa aja iyaaa? simakkk yuuk yang berikut nie:

‘AISYIYAH

Berdiri tanggal 7 Rajab 1335 H/ 22 April 1917 M. Logo Aisyiyah Tujuannya: ”Menenegakkan dan menjunjung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat utama yang diridhoi Allah”. Anggotannya adalah para wanita yang besedia mendukung maksud dan tujuan Muhammadiyah, dan ‘Aisyah itu sendiri.

PEMUDA MUHAMMADIYAH

Berdiri pada tanggal 26 Dzulhijjah 1350H / 2 Mei 1932M. Logo Pemuda Tujuannya: ”Menghimpun, membina, dan menegakkan potensi pemuda islam serta meningkatkan peranannya sebagai kader untuk mencapai tujuan Muhammadiyah” Semboyannya “Fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan)”.

NASYIATUL ‘AISYAH

Berdiri tanggal 27 Dzulhijjah 1349 H/ 16 Mei 1931 Logo NA Maksud dan tujuan “Terbentuknya pribadi putri islam yang berarti bagi agama, bangsa, dan negara menuju terwujudnya masyarakat utama yang adil, makmur, dan diridhoi Allah”

IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH (IMM)

Berdiri pada tanggal 19 Syawal 1384 H/14 Maret 1964. Logo IMM Maksud dan tujuannya ”Mengusahakan terbentuknya akademisi muslim yang cakap, terampil, dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah” Anggotanya adalah para mahasiswa.

TAPAK SUCI PUTRA MUHAMMADIYAH

Berdiri pada tanggal 10 Robbi’ul Awal 1383H. Logo Tapak Suci Tapak suci putra Muhammadiyah merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang seni bela diri, sebagai sarana dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah yaitu ”Mendidik serta membina ketangkasan dan ketrampilan pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia yang sesuai dan tidak menyimpang dari agama sebagai budaya bangsa yang lahir dan bermoral”. Semboyannya “Dengan iman dan akhlaq saya menjadi kuat, tanpa iman dan akhlaq saya menjadi lemah”.

HIZBUL WATHAN (HW)

LOGO HW HW merupakan organisasi kepanduan dalam lingkungan Muhammadiyah. Maksud dan tujuan HW yaitu “Menyiapkan dan membina anak, remaja dan pemuda menjadi manusia muslim yang sebenar- benarnya dan siap menjadi kader Persyarikatan, ummat dan bangsa.”

IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH

Berdiri pada tanggal 5 shafar 1381 H/18 Juli 1961 M. Logo IPM Ikatan Pelajar Muhammadiyah merupakan putra bungsu Muhammadiyah yang anggotanya khusus dari kalangan pelajar “remaja” . Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) mempunyai tujuan “Terbentuknya pelajar muslim yang berilmu, berakhlaq mulia dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai –nilai ajaran islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya”.

Nuun Wal Qolami Wamaa Yasturuun Wassalamu’alauikum. . .

Last updated

Share

1-1 of 1

Reply to this discussion

You cannot edit posts or make replies: You should be logged in before you can post.

Post a reply
590 views