Kita Setara, Merangkul semua Teman - Materi Fortasi 2020


PP IPMPP IPM

Berangkat dari Al-Qur’an Surah At-Tiin Ayat yang meyatakan bahwa pada hakikatnya seluruh menusia telah Allah diciptakan dengan sebaik-baik bentuk Ikatan Pelajar Muhammadiyah Menghadirkan Campaign Inklusi sebagai penerapan Gerakan Teman Sebaya Campaing/Kampanye Inklusi juga dikuatkan dengan keprihatinan atas kondisi teman-teman pelajar yang memiliki keistimewaan sendiri yang dalam realitanya di dunia pendidikan selama ini anak-anak berkebutuhan khusus (istimewa) mengikuti pendidikan yang sesuai dengan kelainannya. Secara tidak disadari akan membangun tembok ekslusifisme bagi anak-anak tersebut.

Akibatnya dalam lingkungan masyarakat anak berkebutuhan khusus tersingkirkan dari masyarakat Sementara anak inklusi sendiri merasa mereka menjadi bagian yang tidak menyatu dengan realitas kemasyarakatan Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah harus mulai menyadari bahwa setiap anak adalah istimewa mereka memilki keunikan tersendiri baik dalam potensi, minat/bakat, fisik serta kemampuan. Gerakan Pelajar Merangkul Harus mulai kita galakkan dalam berbagai macam agenda aksi yang harus disadari bahwa setiap pelajar itu istimewa dan memiliki keunggulan masing-masing dan harus dipandang setara dengan yang lainnya.

Adapun Aksinya dalam fortasi ialah :

  1. Mulai memberikan apresiasi berupa penghargaan terhadap teman kita yang harus memiliki kebutuhan khusus agar dia tidak merasa minder/termajinalkan dalam sekolah/kelas
  2. Bersama-sama menggerakan #BanggaBertemanIstimewa di medsos sebagai bentuk dukungan terhadap teman ABK di media social.
  3. Memberikan kesempatan kepada teman kita yang istimewa untuk memegang suatu amanah dalam setiap kegiatan yang kita adakan.
  4. Mengadakan Lomba yang melibatkan teman istimewa kita sesuai keungulannya sebagai bentuk apresiasi terhadap minat dan bakat mereka
  5. Semua itu adalah upaya kita dalam merangkul mereka agar mereka tetap merasa satu bagian dari temannya yang tidak terpisahkan.
Share

1-1 of 1

Reply to this discussion

You cannot edit posts or make replies: You should be logged in before you can post.

Post a reply
412 views