Kembali ke olahraga

Olah Raga Muslimah


Hasma FitrayantiHasma Fitrayanti

Seorang wanita muslimah juga bisa ikut ambil bagian dalam berolah raga seperti senam. Mereka bisa melakukan senam di tempat tertutup yang tidak ada orang lelaki bukan mahram di sana. Namun di lapangan terbuka di mana semua orang bisa datang dan menonton para wanita muslimah bersenam, pasti ini menimbulkan pro dan kontra, meski semua orang memakai jilbab dan menutup rapat aurat mereka.

Kita tahu bahwa aktifitas senam lebih terkonsentrasi kepada menggoyang-goyangkan badan untuk kebugaran dan kesehatan, yang bila ditempatkan pada tempat yang salah, bisa berdampak negatif dan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

Karena itu dari pada menimbulkan fitnah, sebaiknya ini dihindari. Prinsipnya, kita harus menolak fitnah jauh-jauh sebelum fitnah itu sendiri terjadi, paling tidak sebagai bentuk wara` (kehati-hatian) dari seorang muslim. Bukankah Rasulullah ﷺ mengecam wanita yang berjalan dengan melenggak-lenggok meski dia mungkin tidak berniat menggoda laki-laki:

صِنْفَانِ مِنْ أهلِ النَّارِ لمْ أرَهُما: قَوْمٌ مَعَهُمْ سِياطٌ كأذْنَابِ الْبقَرِ يَضْرِبونَ بِها النَّاس، ونِساء كاسياتٌ عارِياتٌ مُمِيلاتٌ مَائِلاتٌ، رُؤُوسُهُنَّ كَأسْنِمةِ الْبُخْتِ المائِلَةِ لاَ يَدْخٌلنَ الجنَّةَ، وَلاَ يجِدْنَ رِيحَهَا، وإنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مسِيرَةِ كذَا وكَذَا

"Dua kelompok dari penghuni neraka yang tidak aku lihat: Pertama, kaum yang memegang cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia. Kedua, wanita yang membuka baju, telanjang, berlenggak-lenggok, kepalanya seperti punuk unta miring. Mereka tidak akan masuk surga, dan tidak mencium baunya. Padahal harum surga sudah tercium dari jarak perjalanan ini dan itu (jauh).” (HR Muslim).

Senam khusus wanita Muslimah harus dilakukan di tempat tertutup atau di tempat-tempat yang bebas dari kehadiran laki-laki bukan mahram.

Islam tidak memandang olah raga dengan sebelah mata. Islam justru mendorong umatnya untuk menjadi kuat dan sehat, baik secara rohani dan jasmani. Kekuatan jasmani dan kesehatan menjadi modal besar dalam beramal shalih dan beraktifitas dalam urusan agama dan urusan dunia.

Berolah raga secara teratur akan membuat menjadi sehat dan ibadah kita semakin meningkat.

Share
Zulki AhiliZulki Ahili

Klau kmu sendiri olahraganya apa?

1-2 of 2

Reply to this discussion

You cannot edit posts or make replies: You should be logged in before you can post.

Post a reply
418 views