Kembali ke Fortasi

Panduan Teknis FORTASI Offline Tahun 2020


PP IPMPP IPM

A. PENGANTAR

Forum Ta’aruf Orientasi (FORTASI) siswa Muhammadiyah adalah rangkaian kegiatan yang terprogram secara sistemik untuk menumbuhkan dan mengembangkan keberagamaan, minat dan potensi pelajar muslim serta mrangsang kesadaran berkarya kreatif dan kepekaan sosial ketika memasuki sekolah Muhammadiyah dan terlibat dalam segala aktivitas yang tersedia di sekolah.

FORTASI siswa Muhammadiyah merupakan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang khas dilakukan oleh sekolah Muhammadiyah, berisi materi-materi umum sebagaimana diselengarakan dalam MOS/PLS, dan materi-materi khusus IPM.

Fortasi merupakan salah satu kegiatan pra perkaderan yang dilakukan oleh IPM di tingkatan paling bawah atau gressroot. Pentingnya kegiatan fortasi sebagai bagian dari proses perkaderan IPM dikarenakan fortasi merupakan gerbang atau garda depan pengenalan awal semua hal tentang IPM dan lebih umumnya tentang Muhammadiyah.

Pengenalan IPM sebagai organisasi otonom pelajar di Muhammadiyah berawal dari proses Fortasi ini. Maka, fortasi mempunyai peranan sangat penting untuk bisa mengenalkan dan mengimplementasikan agenda aksi IPM dari tingkatan yang paling bawah.

Tahun 2020 ini pelaksanaan FORTASI kemungkinan besar akan dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembatasan sebagian besar aktivitas fisik termasuk semua kegiatan di bidang pendidikan. Beberapa lembaga pendidikan telah melaksanakan proses belajar mengajar dan evaluasi pembelajaran menggunakan sistem daring yang bisa dilakukan dari rumah dan atau tempat masing-masing tanpa melakukan pertemuan fisik secara langsung.

Akan tetapi dalam proses pergantian tahun ajaran baru ini masih ada kemungkinan beberapa lembaga pendidikan melaksanakan proses pengenalan lingkungan sekolah dengan offline atau tatap muka seperti biasa. Proses FORTASI merupakan proses yang tidak bisa dihilangkan karena merupakan gerbang penting perkaderan awal sebagai proses penjaringan kader di sekolah-sekolah Muhammadiyah, maka dari itu FORTASI tahun 2020 harus tetap dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi yang ada baik menggunakan proses pembelajaran daring ataupun tatap muka seperti pada umumnya.

Harapannya esensi dari pelaksanaan FORTASI tetap bisa dirasakan oleh semua peserta didik baru di sekolah-sekolah Muhammadiyah tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat. Pelaksanaan FORTASI ini juga menjadi momentum yangn tepat untuk bisa mengenalkan dan mengampanyekan agenda aksi IPM ke seluruh pelajar Muhammadiyah di Indonesia.

B. TUJUAN

a. Terciptanya pelajar muslim yang memiliki minat dan kemauan untuk mengembangkan potensi diri serta kesadaran untuk selalu kreatif dan peka terhadap lingkungan sosial yang dilandasi oleh semangat keberagamaan guna membantu mengorientasikan proses pendidikannya di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

b. Terbentuknya pelajar muslim yang bisa mendayagunakan teknologi informasi untuk mengembangkan potensi dan bakatnya masing-masing guna kebermanfaatan sesama

c. Tersampaikannya kampanye agenda aksi IPM sehingga terbentuk pelajar muslim yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan, siap berkolaborasi dan berdaya bersama secara setara, bersemangat meningkatkan kemandirian ekonominya, serta menjadi pelajar sehat yang senantiasa mempelopori gerakan aksi pelajar sehat bagi sesama.

C. TEMA

Tema FORTASI tahun 2020 adalah “Aku Pelajar, Maka Aku Berkarya”

D. PESERTA

Peserta FORTASI adalah peserta didik baru di sekolah Muhammadiyah tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan atau Madrasah Aliyah

E. PANITIA

Panitia penyelenggara FORTASI adalah Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Sekolah masing-masing dengan mengedepankan spirit kolaboratif dan senantiasa berkarya bersama

F. MATERI-MATERI

Materi FORTASI 2020 meliputi pengenalan dasar IPM, Kedekatan ukhuwah islamiyah, menggali minat dan bakat pelajar yang terdiri dari :

1. AL ISLAM

  • Al-Quran dan Al-Hadits (Agama Islam Rahmatan Lil ‘Alamin)
  • Fiqh Ibadah (Thaharah Wudhu dan Tayamum).

2. KEMUHAMMADIYAHAN

  • Sejarah Muhammadiyah Maksud dan tujuan
  • Mengenal Amal Usahanya
  • Tokoh dan perannya Mengenal Ortom.

3. KE-IPM-AN

  • Mengenal IPM
  • Makna dan lambang dalam IPM
  • Agenda – agenda IPM.

4. KEILMUAN

  • Motivasi Belajar
  • Pergaulan Pelajar dengan orang tua, guru, dan masyarakat.

5. WAWASAN dan SKILL

  • Mengenal lingkungan Sekolah/Desa/Pesantren
  • #AkuBerkarya melalui Agenda Aksi IPM:
  • #AkuPeduliLingkungan (Student Earth Generation (SEG))
  • #AkuMerangkulSesama (Campaign Inklusi)
  • #AkuPelajarMandiri (Studentpreneur)
  • #AkuPelajarSehat (Pelajar Sehat)

G. KONSEP dan MENU KEGIATAN

Beberapa konsep dan menu kegiatan yang dilaksanakan dalam FORTASI tahun 2020 merupakan pengembangan dari konsep #AkuBerkarya sebagai campaign pelaksanaan empat agenda aksi utama IPM saat ini, yang diantaranya:

1. #AkuPeduliLingkungan (Student Earth Generation (SEG))

Gerakan #AkuBerkarya dalam aksi #AkuPeduliLIngkungan diantaranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian pelajar terhadap lingkungan. Contoh Kegiatannya meliputi:

a. Setiap pelajar dipersilakan untuk melakukan aksi kreatif berupa membersihkan sampah di sekitar sekolahnya kemudian memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Sampah yang sudah dipisahkan kemudian dibedakan perlakuannya, seperti sampah plastik bisa dihancurkan dengan dijadikan bahan bakar di rumah masing-masing ataupun dipilah lagi untuk dipergunakan kembali. Sampah organik bisa dibuang di kebun untuk dijadikan pupuk kompos atau melalui tindakan kreatif lainnya. Atau

b. Setiap pelajar dipersilakan untuk melakukan aksi kreatif berupa menanam satu pohon di sekitar sekolahnya.

c. Atau aksi kreatif lainnya yang bisa dilakukan pelajar untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

d. Pelajar dipersilakan untuk mendokumentasikan aksi kreatif tersebut untuk kemudian diunggah di media sosial masing-masing dengan menambahkan narasi campaign peduli lingkungan dan hastag #AkuBerkarya #AkuPeduliLingkungan

2. #AkuMerangkulSesama (Campaign Inklusi)

Gerakan #AkuBerkarya dalam aksi #AkuMerangkulSesama diantaranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan empati pelajar terhadap perbadaan yang dimiliki oleh pelajar yang lain serta meningkatkan daya kolaborasi antar sesama. Contoh Kegiatannya meliputi:

a. Setiap pelajar dipersilakan untuk melakukan aksi kreatif berupa campaign pelajar setara di media sosial, menunjukkan bahwa kita pelajar yang peduli dengan sesama dan tidak membeda bedakan satu sama lain. Campaign dilakukan di masing-masing media sosial yang dimiliki peserta dengan tag akun media sosial PP IPM. Atau

b. Apabila di lingkungan sekolahnya terdapat pelajar yang memiliki keistimewaan – perbedaan- diantara yang lain, maka pelajar dipersilakan untuk melakukan aksi kreatif dengan memberikan ruang belajar, berkreasi dan berkolaborasi yang sama.

c. Atau aksi kreatif lainnya yang bisa dilakukan pelajar untuk meningkatkan daya kolaborasi antar sesama.

d. Pelajar dipersilakan untuk mendokumentasikan aksi kreatif tersebut untuk kemudian diunggah di media sosial masing-masing dengan menambahkan narasi campaign merangkul sesama dan hastag #AkuBerkarya #AkuMerangkulSesama

3. #AkuPelajarMandiri (Studentpreneur)

Gerakan #AkuBerkarya dalam aksi #AkuPelajarMandiri diantaranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi pelajar. Contoh Kegiatannya meliputi:

a. Setiap pelajar dipersilakan untuk melakukan aksi kreatif berupa menyisikan atau menabung uang jajan yang di berikan dari orangtuanya agar bisa berhemat. Atau

b. Setiap pelajar dipersilakan untuk melakukan kegiatan wirausaha atau memasarkan produk-produk yang dimiliki di lingkungan sekolah. Setiap pelajar juga diperkenankan untuk bisa membeli produk jualan temannya sendiri.

c. Atau aksi kreatif lainnya yang bisa dilakukan pelajar untuk meningkatkan kemandirian pelajar.

d. Pelajar dipersilakan untuk mendokumentasikan aksi kreatif tersebut untuk kemudian diunggah di media sosial masing-masing dengan menambahkan narasi campaign kemandirian pelajar dan hastag #AkuBerkarya #AkuPelajarMandiri

  1. #AkuPelajarSehat (Pelajar Sehat) Gerakan #AkuBerkarya dalam aksi #AkuPelajarSehat diantaranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mengkampanyekan gerakan pelajar sehat. Contoh Kegiatannya meliputi:

a. Setiap pelajar dipersilakan untuk melakukan aksi kreatif berupa mengkombinasikan menu makanan sehat yang dikonsumsi di rumah atau tempat tinggal masing-masing untuk dijadikan bekal di sekolah. Atau

b. Setiap pelajar dipersilakan untuk melakukan aksi kreatif berupa senam sehat di pagi hari sebelum kegiatan belajar di sekolah.

c. Atau aksi kreatif lainnya yang bisa dilakukan pelajar untuk meningkatkan daya kolaborasi antar sesama.

d. Pelajar dipersilakan untuk mendokumentasikan aksi kreatif tersebut untuk kemudian diunggah di media sosial masing-masing dengan menambahkan narasi campaign pelajar sehat dan hastag #AkuBerkarya #AkuPelajarSehat

H. JADWAL

  • Contoh Jadwal FORTASI 2020 untuk peserta didik tingkat SMA-sederajat dan SMPsederajat

a. Hari pertama

 07.00 – 07.30 Pembukaan Fortasi  07.30 – 08.15 Orientasi Fortasi  08.15 – 09.00 Personal Introduction  09.00 – 10.30 Materi I Agama Islam Rahmatan Lil ‘Alamin  10.30 – 12.00 Materi II (Sejarah Muhammadiyah Maksud dan tujuan)  12.00 – 13.00 Ishoma  13.00 – 14.30 #AkuBerkarya part 1 melakukan aksi kreatif #AkuPeduliLingkungan  14.30 – Besok Apel Sore dan Pulang.

b. Hari Kedua

 07.00 – 07.30 Absen dan Tadarus  07.30 – 09.00 Materi III (Mengenal IPM)  09.00 – 10.30 Materi IV Sejarah Para Nabi (Agama Tauhid Nabi)  10.30 – 12.00 Materi V Kepemimpinan  12.00 – 13.00 Ishoma  13.00 – 14.30 #AkuBerkarya part 2 melakukan aksi kreatif #AkuMerangkulSesama  14.30 – Besok Apel Sore dan Pulang.

c. Hari ketiga

 07.00 – 07.30 Absen dan Tadarus  07.30 – 09.00 Materi VI (Ke-organisasian)  09.00 – 10.30 Materi VII (Mengenal Sekolah)  10.30 – 12.00 Materi VIII (Mengenal Ekstrakurikuler)  12.00 – 13.00 Ishoma  13.00 – 14.30 #AkuBerkarya part 3 melakukan aksi kreatif #AkuPelajarMandiri  14.30 – Besok Apel Sore dan Pulang.

d. Hari keempat

 07.00 – 07.30 Absen dan Tadarus  07.30 – 09.00 #AkuBerkarya part 4 via melakukan aksi kreatif #AkuPelajarSehat  09.00 – 12.00 Lomba-Lomba/Rekreasi/Study Tour  12.00 – 13.00 Ishoma  13.00 – 14.00 Pengisian Form Evaluasi Fortasi dan Minat Bakat Pelajar  14.00 – 14.30 Penutupan Fortasi  14.30 – pulang

I. PENUTUP

Demikian panduan teknis pelaksanaan FORTASI tahun 2020 ini dibuat. Semoga dapat menjadi acuan dan pedoman dalam melaksanakan kegiatan perkaderan awal ini dengan sebaik-baiknya.

========================

Download PDF Panduan Teknis FORTASI Offline Tahun 2020

Share

1-1 of 1

Reply to this discussion

You cannot edit posts or make replies: You should be logged in before you can post.

Post a reply
1419 views