Kembali ke Dakwah

Penyakit Ain


Adrian Pramudita SutaryaAdrian Pramudita Sutarya

dalam pengertian nya penyakit ain ini adalah penyakit non medis yang dipicu oleh pandangan yang disertai rasa iri, dengki oleh orang lain terhadap orang yang dipandangnya. dalam riwayat lain juga penyakit yang disebabkan karna ketidak sengajaan nya seseorang ketika mengagumi kenikmatan atau kelebihan orang lain tanpa menyebut nama ALLAH SWT memuji ALLAH SWT dengan kalimat "Alhamdulillah" atau "Masyaallah".Dan lupa bahwa kenikmatan dan kelebihan orang yang dia kagumi itu berasal dari ALLAH SWT maka dari itu kita sebagai umat muslim harus lebih berhati-hati dalam melemparka pujian-pujian kepada orang yang kita kagumi karna bisa jadi penyakit tubuh kita yang sudah lama tak kunjung sembuh selama ini walaupun sudah mencoba berkali-kali untuk berobat itu adalah penyakit ain Na'udzubillahimindzalik karna dalam salah satu riwayat hadist disebutkan : Imam Muslim dalam riwayatnya yang lain menjelaskan lebih lanjut sebagai berikut:

العين حق، ولو كان شيء سابق القدر سبقته العين

"Ain itu benar-benar ada! Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh 'ain itu yang bisa." (HR. Muslim No. 2188).

ada lagi dalam beberapa riwayat hadist disebutkan:

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ’alaihi wasallam bersabda:

أكثرُ مَن يموت بعدَ قضاءِ اللهِ وقَدَرِهِ بالعينِ Artinya:

“Sebab paling banyak yang menyebabkan kematian pada umatku setelah takdir Allah adalah ain,” (HR. Al Bazzar dalam Kasyful Astar [3/ 404], dihasankan oleh Al Albani dalam Shahih Al Jami’no.1206).

Share

1-1 of 1

Reply to this discussion

You cannot edit posts or make replies: You should be logged in before you can post.

Post a reply
209 views