Kembali ke Quran

Perbedaan Antara Iman dan Islam


Hasma FitrayantiHasma Fitrayanti

Allah –subhanahu wa ta’ala- berfirman di dalam surat Adz Dzariyat: 35-36: (فَأَخْرَجْنَا مَنْ كَانَ فِيهَا مِنَ الْمُؤْمِنِينَ * فَمَا وَجَدْنَا فِيهَا غَيْرَ بَيْتٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ( “Lalu Kami keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di negeri kaum Luth itu. Dan Kami tidak mendapati di negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang-orang yang berserah diri”. (QS. Adz Dzariyat: 35-36) Apa perbedaannya antara orang-orang yang beriman dan kaum muslimin, mana yang lebih tinggi derajatnya di antara keduanya?

Share
Zulki AhiliZulki Ahili

Ada sebuah perkataan yang masyhur dikalangan para ulama tentang mukmin dan muslim yaitu :

إذا اجتمع افترق وإذا افترق اجتمع

“Ketika (dua istilah itu) berkumpul maka artinya berbeda, dan ketika tidak berkumpul maka artinya sama”.

Maksudnya adalah ketika disebutkan : – “Fulan Mukmin” artinya dia juga seseorang yang muslim. – Atau ketika disebutkan “Fulan Muslim” artinya dia juga seseorang yang beriman.

Yang artinya tidak ada perbedaan antara keduanya, baik mukmin maupun muslim, seseorang yang mukmin maka dia muslim dan seseorang yang muslim maka dia juga seseorang yang mukmin.

Namun ketika dua istilah itu digabung dalam satu kalimat, maka maknanya berbeda. Ketika kata Islam bersanding dengan iman maka maknanya adalah sesuatu yang mengarah kepada amal dhahir seperti shalat, zakat puasa, haji dan sebagainya.

1-4 of 4

Reply to this discussion

You cannot edit posts or make replies: You should be logged in before you can post.

Post a reply
943 views