Kembali ke Fortasi

Tata Cara Membuat Materi Lokal dan Diskusi


Andri WahyudiAndri Wahyudi



Di fitur FORTASI Daring My IPM telah menyediakan Materi yang sediakan langsung dari PP IPM. Namun saat ini Pimpinan setempat bisa memasukkan Materi Muatan Lokal yang bisa di masukkan sendiri di fitur FORTASI Daring My IPM. Untuk saat ini, menambahkan Materi Lokal hanya bisa dilakukan via Desktop/PC/Laptop/Komputer, untuk versi Mobile/HP masih terdapat bug/kerusakan. Berikut kami sampaikan tata cara menambah materi lokal di fitur FORTASI Daring My IPM

  1. Klik Menu "MATERI", lalu scroll ke bawah, sampai ke bagian Materi Lokal. Lalu klik tombol Buat/Tambahkan Materi
    text

  2. Setelah itu, isi Judul. Untuk mengisi bagian Isi Pembahasan, klik tombol Edit, lalu mengetik seperti koding HTML. Yakni untuk membuat baris baru, menambah foto, link dan video (hanya bisa dari Youtube).
    text

  3. Untuk melihat hasilnya, cukup klik tombol Preview
    text

  4. Setelah dirasa semua sudah terisi dengan benar, silahkan scroll ke bawah dan klik tombol Posting
    text

  5. Maka hasilnya seperti ini jika sudah di Posting
    text

  6. Jika ada perlu mengubah isinya, silahkan scroll ke bawah, klik tulisan Edit
    text

  7. Setelah sudah dan tidak ada lagi yang diubah, silahkan scroll ke bawah, klik tulisan Save. Jika dirasa ingin menghapus, klik tulisan Delete. Dan ingin membatalkan proses mengubah, klik tulisan Cancel.
    text


    Catatan
    Untuk memasukkan gambar, bisa menggunakan website https://imgbb.com/ untuk mengunduh file gambar dan mendapatkan link gambarnya dengan langkah sebagai berikut
    Kunjungi website https://imgbb.com/, lalu klik Start Uploading
    text

    Lalu pilih gambar yang akan diunggah. Lalu pada pilihan Auto delete image, pilih Don't auto delete. Lalu klik tombol Upload
    text

    Setelah gambar terunggah, maka pada pilihan Embed codes, pilih HTML full linked. Lalu arahkan kursor ke kotak HTML, sampai muncul tulisan Copy, lalu klik tulisan Copy itu.
    text

    Setelah itu tempel/Paste di ruang Isi Pembahasan Materi kalian.

    Untuk memasukkan video, saat ini diarahkan terlebih dahulu mengunggah di Youtube. Setelah terunggah, salin link videonya, lalu tempel/paste link tersebut ke Isian Pembahasan Materi kalian.

    Untuk ingin menampilkan materi berupa PPT/PDF yang sudah jadi, saat ini diarakan terlebih dulu mengunggah di Google Drive/Dropbox/OneDrive (penyimpanan Cloud/Daring). Setelah terunggah, pilih opsi bagikan file, salin link filenya, lalu tempel/paste link tersebut ke Isian Pembahasan Materi kalian.

Share

1-1 of 1

Reply to this discussion

You cannot edit posts or make replies: You should be logged in before you can post.

Post a reply
334 views