Card image cap
PKMTM 3
"Responsive to Change, Contribute For the Future"
Penyelenggara : PW IPM Jawa Timur

Share
Deskripsi

Pelatihan Kader Madya Taruna Melati III

Tujuan Kegiatan

proses pembentukan konstruksi metodologi berfikir progresif dan kemampuan analisis sebagai upaya pembentukan kader yang mampu menyelesaikan problem-problem pelajar dengan melakukan advokasi pencerdasa

Tempat

SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang

Tanggal

14 Jul 2022 - 17 Jul 2022

Contact Person

,

Informasi Detail

Pelatihan Kader Madya Taruna Melati III merupakan proses pra-purna dari perkaderan IPM. PKMTM III menekankan pada dua aspek proses yaitu pertama, pengkajian Islam secara progresif dan kedua, pengembangan kemampuan metodologi berpikir dan melakukan analisis terhadap problem-problem pelajar. 

Maksud pengkajian Islam secara progresif adalah penguasaan khazanah Islam klasik yang cukup dan berupaya menafsir ulang pemahaman agama (tradisi ijtihad, iqra’) dengan menggunakan perangkat metodologi ilmu-ilmu modern (natural sciences, social sciences, danhumanities) agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat muslim kontemporer. Kajian ini mempergunakan perangkat keilmuan integritas-interkoneksi dalam memahami peta dan problemaika masyarakat.

Adapun maksud dan pengembangan kemampuan berpikir progresif dan melakukan analisis adalah upaya pencerahan (enlightment). Dan pembentukan konstruksi metodologi berpikir kader berdasarkan appreciative inquiry dalam memahami peta sosial dan budaya di masyarakat menuju kearah kemajuan.

 Kemajuan dalam kata “progresif” adalah perubahan kearah yang lebih baik bagi dunia secara keseluruhan, yakni keadilan (al ‘adl) dan keindahan (al ihsan). Kemajuan memberikan energi positif, mungkin dalam bahasa Al Qur’an adalah ke arahtu’minuunabillah, transendensi, keimanan, energi positif, menuju kesadaran ketuhanan.

Oleh karena itu, Pelatihan Kader Madya Taruna Melati III dalam rangka mencapai tujuannya mengandung empat proses penting, yaitu pertama, need assessmentkader di tempat masing- masing. Kedua sosialisasi dan rekruitmen. Ketiga proses pelatihan dan keempat follow up. Masing-masing proses memiliki tahapan dan mekanismenya sendiri-sendiri yang disesuaikan berdasarkan target dan tujuan dari pelatihan dan jenjang perkaderan IPM. Pelatihan Kader Madya Taruna Melati III menggunakan model pelatihan yang lebih menekankan pada aspek enlightment atau pencerahan, yaitu pencerahan otak dan hati/jiwa dengan pendekatan integratif-humanistik dan mengedepankan pembentukan karakter kader yang berkemajuan/progresif. Dengan demikian proses pelatihan ditekankan pada proses humanizing, workshop metodologi dan praktek untuk mencapai target dan tujuan.